Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah salah satu jurusan Tarbiyah di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Madiun. Latar belakang dibukanya Jurusan tersebut adalah adanya kebutuhan masyarakat yang sangat mendesak terhadap mutu pendidikan agama Islam, perbaikan kondisi masyarakat dari gejala degradasi moral, dan tersedianya para pendidik Muslim yang profesional. Dengan mendasarkan pada latar belakang tersebut, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menghendaki para lulusannya berkompeten dalam penguasaan landasan dan wawasan pendidikan, penguasaan substansi kajian pendidikan madrasah ibtidaiyah, dan pengembangan kepribadian dan keprofesionalan.
Secara lebih rinci, kompetensi lulusan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada Fakultas Tarbiyah dapat dikelompokkan dalam beberapa rumpun, yaitu:
Pertama, penguasaan landasan pendidikan dan wawasan kebijakan pendidikan madrasah ibtidaiyah di Indonesia sebagai titik tolak dalam mengembangkan madrasah ibtidaiyah.
Kedua, penguasaan substansi kajian pendidikan madrasah ibtidaiyah menyangkut penguasaan substansi ilmu-ilmu keislaman, isi dan bahan ajar pendidikan agama Islam, dan penguasaan cara pengembangan bahan ajar pendidikan madrasah ibtidaiyah.
Ketiga, penguasaan pembelajaraan pendidikan madrasah ibtidaiyah yang mendidik menyangkut kemampuan mengidentifikasi karakteristik peserta didik, penyusunan rancangan pembelajaran, penetapan strategi pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, perencanaan dan pelaksanaan evaluasi, perencanaan dan pelaksanaan penelitian, dan kemampuan mengelola laboratorium.
Keempat, penguasaan keterampilan membimbing dan menggerakkan kegiatan madrasah ibtidaiyah pada jalur pendidikan formal dan non-formal.
Kelima, penguasaan pengelolaan satuan pendidikan madrasah ibtidaiyah menyangkut kemampuan merencanakan program pendidikan madrasah ibtidaiyah, mengorganisir komponen satuan pendidikan madrasah ibtidaiyah, melaksanakan program pendidikan madrasah ibtidaiyah, melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program pendidikan madrasah ibtidaiyah, serta mengembangkan inovasi-inovasi program dan bentuk penyelenggaraan pendidikan madrasah ibtidaiyah.
Keenam, pengembangan kepribadian dan keprofesionalan yang menyangkut kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, baik bekerja secara mandiri maupun kemitraan, penguasaan sumber-sumber baru untuk pengembangan keahliannya, dan memiliki komitmen terhadap profesi dan tugas profesional.
Dalam rangka mewujudkan semua harapan tersebut dan agar Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah dapat memberikan arah dan sekaligus motivasi dan kekuatan gerak bagi seluruh civitas akademikanya, maka dicanangkan visi, misi dan tujuan penyelenggaraan pendidikan sebagai berikut.